Senin, 14 Januari 2019

Tutorial Membuat Objek Pada Aplikasi Blender


Nama   : Marthin Hasudungan Kristian
Kelas   : 3IA21
NPM   : 54416284




Tutorial Membuat Objek Meja dan Kursi Pada Aplikasi Blender

Grafika komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederahana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemroresan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition)
Bagian dari Grafika Komputer :
            - Geometri   : Mempelajari permukaan bidang
            - Animasi     : Mempelajari memanipulasi gerakan
           - Rendering  : Mempelajari perubahan bentuk sketsa menjadi bentuk solid
            - Citra           : Mempelajari pengambilan dan penyuntingan gambar
Blender merupakan perangkat lunak OSS (Open Source Software) grafika komputer 3D. Software ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video.
Fitur-fitur Pada Blender :
       3D View Window                               : Lembar kerja Blender
       3D View Window Header                   : Ubah tampilan mode interaksi objek
       Window Type Menu                          : Ganti tampilan dari editor layar kerja
       Timeline Window                               : Tempat edit animasi
       Split Windows Gadget                        : Membagi lembar kerja menjadi 2 atau lebih
       Info Window                                       : Menampilkan info file Blender yang sedang dibuka
       Tool Shelf                                           : Tools manipulasi objek
       Properties Window                             : Untuk atur hasil render, pewarnaan, dll
       Properties Shelf Reveal Widget          : Pengaturan detail lokasi, ukuran objek
       Outliner Window                              : List objek apa saja yang kita gunakan ke dalam Blender



Pengenalan Teknik Dasar & Tools 

Terdiri dari:
- Screen Manipulation
- Object Interaction Mode
- Type of Mesh
- Object Blocking
- Object Manipulation

SCREEN MANIPULATION
       Scroll button               = untuk menggerakan layar sesuai kehendak
       Shift  + Scroll              = menggerakan layar secara vertikal
       Ctrl + Scroll                = menggerakan layar secara horizontal
       Shift + alt + Scroll       = merotasi layar secara vertikal
       Ctrl + alt + Scroll        = merotasi layar secara horizontal
       Shift + Ctrl + Scroll    = merotasi layar secara diagonal
       Numpad 1...0              = menampilkan objek pada layar sesuai posisi

OBJECT INTERACTION MODE

Shortcut Object Interaction Mode

tab










Merupakan fitur yang hanya menampilkan objek utuh. Di fitur ini objek tidak bisa diubah atau dimanipulasi, hanya bisa digerakkan.


Merupakan fitur dimana objek dapat dimanipulasi dan diubah sesuai keinginan. Dalam Edit Mode terdapat 3 Mesh, Mesh tersebut merupakan komponen yang saling terhubung dan membentuk suatu objek.

TYPE OF MESH
Shortcut Mesh Select Mode
Ctrl + tab








Vertex merupakan mesh yang berbentuk titik pada setiap sudut objek




Edge merupakan mesh yang berbentuk garis yang menghubungkan setiap vertex pada objek




Face merupakan mesh yang berbentuk permukaan dari tiga edge/vertex atau lebih yang saling terhubung

OBJECT BLOCKING

       A “All”                       = untuk blocking/unblocking mesh seluruh objek
       Klik kanan                   = untuk blocking/unblocking single mesh/objek
       Shift + Klik kanan       = untuk blocking/unblockin mesh yg lebih dari satu
       alt + Klik kanan          = untuk blocking mesh seputar objek
       Ctrl + Klik kanan        = untuk blocking mesh sepanjang mesh yang sudah di blocking
       Ctrl + Shift + Klik kanan = untuk blocking mesh seluas daerah mesh yang sudah di blocking
       C                                 = untuk blocking mesh dengan target area

OBJECT MANIPULATION
  • Ctrl + R           = untuk membuat edge baru


  • E “Extrude”     = untuk menambah bidang pada mesh
  • S “Scale”           = untuk mengatur besar kecilnya permukaan objek
  • Ctrl + T           = untuk membuat garis diagonal tambahan
  • G “Grab”        = untuk menggerakan mesh/objek (G + x/y/z)
  • X/Del              = untuk menghapus mesh/objek
  • R “Rotate”      = untuk merotasi mesh/objek
  • F “Fill”            = untuk membuat face dari edge/vertex yang sudah diblocking



Langkah-langkah membuat objek meja dan kursi pada aplikasi Blender :
1. Buka aplikasi Blender, akan keluar tampilan seperti gambar di bawah.

2. Lalu klik di sembarang tempat atau di area kerja aplikasi Blender, akan langsung ada objek kubus pada area kerja aplikasi Blender. Karena kita akan membuat meja terlebih dahulu, maka kita bisa langsung memakai objek kubus yang sudah ada. Untuk mengatur kamera atau layar bisa dilihat pada teknik tools SCREEN MANIPULATION di penjelasan.

3. Setelah itu untuk membuat bidang bagian atas meja yaitu dengan membuat kubus menjadi pipih dan lebar sesuai keinginan, kita bisa menggunakan fungsi atau shorcut tombol :
·      S untuk memperbesar dan memperkecil ukuran
·      S+Z untuk memipihkan dan mempertebal
·      S+ X untuk melebarkan dan mengecilkan  berdasarkan sumbu X
·      S+ Y untuk melebarkan dan memperkecil berdasarkan sumbu Y
Hasilnya dapat dilihat seperti gambar di bawah.

4. Setelah itu masuk ke edit mode untuk menambahkan kaki dan variasi lain agar menjadi meja. Untuk masuk ke edit mode, pilih menu di bagian bawah, lalu klik edit mode. Edit mode ini adalah mode yang digunakan untuk proses pengeditan dari bentuk-bentuk yang ada. Setelah kita masuk ke edit mode, maka otomatis objek yang kita buat akan di blok secara menyeluruh.














5. Untuk memudahkan pembuatan kaki-kaki meja atau variasi pada meja lainnya, kita bisa membuat perpotongan pada bidang pipih yang telah kita buat dengan menggunakan fungsi atau shortcut tombol CTRL (Control) + R dan Scroll pada mouse untuk memberi perpotongan sesuai jumlah yang kita inginkan. Hasilnya bisa dilihat pada gambar di bawah.


6.  Untuk membuat kaki mejanya kita ubah type of mesh atau mesh select mode menjadi face select menggunakan fungsi atau shorcot tombol CTRL (Control) + tab, lalu klik Face. Setelah itu block bagian-bagian pada bidang yang akan ditarik menjadi kaki meja dengan menggunakan fungsi atau shorcut tombol Shift + klik kanan pada mouse, seperti gambar di bawah.

7. Setelah bagian-bagian atau sudut bagian bawah terseleksi, selanjutnya kita akan menarik bagian yang terseleksi tersebut menjadi kaki dengan panjang yang kita inginkan menggunakan fungsi atau shorcut tombol E.



8. Objek meja pun sudah jadi. Kita bisa menambahkan kreasi atau variasi dengan cara yang sama yang telah dipaparkan pada langkah-langkah sebelumnya. Seperti yang saya buat pada gambar di bawah yaitu menambahkan laci meja dan pemisah antara kaki-kaki meja.

9. Untuk membuat kursi kita bisa mensalin objek meja karena tidak terlalu beda dengan menggunakan fungsi atau shorcut tombol Shift + D atau menambah objek baru dengan menggunakan fungsi atau shorcut tombol Shift + A dan untuk membuat kursi pilih Mesh, klik Cube.
10. Sama halnya dengan membuat meja, masuk ke edit mode untuk menambahkan kaki dan variasi lain agar menjadi kursi. Setelah itu, buat perpotongan pada bidang pipih yang telah kita buat dengan menggunakan fungsi atau shortcut tombol CTRL (Control) + R dan Scroll pada mouse untuk memberi perpotongan sesuai jumlah yang kita inginkan. Lalu block bagian-bagian atau sudut-sudut yang akan ditarik menjadi penyangga dan kaki kursi atau variasi lainnya dari kursi. Seperti gambar di bawah.














11. Jadilah meja dan kursi, kita bisa memberi kreasi dan variasi tambahan, juga warna pada meja dan kursi yang kita buat. Untuk melihat hasil gambar tekan F2. Seperti gambar di bawah ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar