Nama : Marthin
Hasudungan Kristian
Kelas : 3IA21
NPM : 54416284
Tutorial
Membuat Objek Meja dan Kursi Pada Aplikasi Blender
Grafika komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan
dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk
sederahana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian
berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemroresan citra (image processing),
dan pengenalan pola (pattern recognition)
Bagian dari Grafika Komputer :
-
Geometri : Mempelajari permukaan bidang
-
Animasi : Mempelajari memanipulasi
gerakan
-
Rendering : Mempelajari perubahan bentuk
sketsa menjadi bentuk solid
- Citra : Mempelajari pengambilan dan
penyuntingan gambar
Blender merupakan perangkat lunak OSS
(Open Source Software) grafika komputer 3D. Software ini digunakan untuk
membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan
permainan video.
Fitur-fitur Pada Blender :
• 3D View Window :
Lembar kerja Blender
• 3D View Window Header :
Ubah tampilan mode interaksi objek
• Window Type Menu : Ganti
tampilan dari editor layar kerja
• Timeline Window :
Tempat edit animasi
• Split Windows Gadget :
Membagi lembar kerja menjadi 2 atau lebih
• Info Window : Menampilkan info file Blender yang
sedang dibuka
• Tool Shelf :
Tools manipulasi objek
• Properties Window :
Untuk atur hasil render, pewarnaan, dll
• Properties Shelf Reveal Widget : Pengaturan detail lokasi, ukuran
objek
• Outliner Window : List objek apa saja yang kita gunakan ke dalam
Blender
Pengenalan Teknik Dasar & Tools
Terdiri dari:
- Screen Manipulation
- Object Interaction Mode
- Type of Mesh
- Object Blocking
- Object Manipulation
SCREEN
MANIPULATION
• Scroll button = untuk menggerakan layar sesuai kehendak
• Shift
+ Scroll = menggerakan
layar secara vertikal
• Ctrl + Scroll = menggerakan layar secara horizontal
• Shift + alt + Scroll = merotasi layar secara vertikal
• Ctrl + alt + Scroll = merotasi layar secara horizontal
• Shift + Ctrl + Scroll = merotasi layar secara diagonal
• Numpad 1...0 = menampilkan objek pada layar sesuai posisi
OBJECT
INTERACTION MODE
Shortcut Object Interaction Mode
tab
Merupakan fitur yang hanya menampilkan objek utuh. Di fitur
ini objek tidak bisa diubah atau dimanipulasi, hanya bisa digerakkan.
Merupakan fitur dimana objek dapat dimanipulasi dan diubah
sesuai keinginan. Dalam Edit Mode terdapat 3 Mesh, Mesh tersebut merupakan
komponen yang saling terhubung dan membentuk suatu objek.
TYPE OF MESH
Shortcut Mesh Select Mode
Ctrl + tab
Vertex
merupakan mesh yang berbentuk titik pada setiap sudut objek
Edge merupakan mesh yang berbentuk garis yang menghubungkan setiap vertex pada objek
Face merupakan mesh yang berbentuk permukaan dari tiga edge/vertex atau lebih yang saling terhubung
OBJECT
BLOCKING
• A “All” =
untuk blocking/unblocking mesh seluruh objek
• Klik kanan = untuk blocking/unblocking single mesh/objek
• Shift + Klik kanan = untuk blocking/unblockin mesh yg lebih
dari satu
• alt + Klik kanan = untuk blocking mesh seputar objek
• Ctrl + Klik kanan = untuk blocking mesh sepanjang mesh yang sudah di blocking
• Ctrl + Shift + Klik kanan = untuk
blocking mesh seluas daerah mesh yang sudah di blocking
• C =
untuk blocking mesh dengan target area
OBJECT MANIPULATION
- Ctrl + R = untuk membuat edge baru
- E “Extrude” = untuk menambah bidang pada mesh
- S “Scale” = untuk mengatur besar kecilnya permukaan objek
- Ctrl + T = untuk membuat garis diagonal tambahan
- G “Grab” = untuk menggerakan mesh/objek (G + x/y/z)
- X/Del = untuk menghapus mesh/objek
- R “Rotate” = untuk merotasi mesh/objek
- F “Fill” = untuk membuat face dari edge/vertex yang sudah diblocking
Langkah-langkah
membuat objek meja dan kursi pada aplikasi Blender :
1. Buka
aplikasi Blender, akan keluar tampilan seperti gambar di bawah.
2. Lalu klik di sembarang tempat atau di area kerja aplikasi
Blender, akan langsung ada objek kubus pada area kerja aplikasi Blender. Karena
kita akan membuat meja terlebih dahulu, maka kita bisa langsung memakai objek
kubus yang sudah ada. Untuk mengatur kamera atau layar bisa dilihat pada teknik
tools SCREEN MANIPULATION di penjelasan.
3. Setelah itu untuk membuat bidang bagian atas meja yaitu
dengan membuat kubus menjadi pipih dan lebar sesuai keinginan, kita bisa menggunakan
fungsi atau shorcut tombol :
·
S untuk memperbesar dan memperkecil ukuran
·
S+Z untuk memipihkan dan mempertebal
·
S+ X untuk melebarkan dan mengecilkan berdasarkan
sumbu X
·
S+ Y untuk melebarkan dan memperkecil berdasarkan sumbu Y
Hasilnya dapat dilihat seperti gambar di bawah.
4. Setelah itu masuk ke edit mode untuk menambahkan kaki dan
variasi lain agar menjadi meja. Untuk masuk ke edit mode, pilih menu di bagian
bawah, lalu klik edit mode. Edit mode ini adalah mode yang digunakan untuk
proses pengeditan dari bentuk-bentuk yang ada. Setelah kita masuk ke edit mode,
maka otomatis objek yang kita buat akan di blok secara menyeluruh.
5. Untuk memudahkan pembuatan kaki-kaki meja atau variasi
pada meja lainnya, kita bisa membuat perpotongan pada bidang pipih yang telah kita
buat dengan menggunakan fungsi atau shortcut tombol CTRL (Control) + R dan Scroll pada
mouse untuk memberi perpotongan sesuai jumlah yang kita inginkan. Hasilnya bisa
dilihat pada gambar di bawah.
6. Untuk membuat kaki mejanya kita ubah type of mesh atau
mesh select mode menjadi face select menggunakan fungsi atau shorcot tombol
CTRL (Control) + tab, lalu klik Face. Setelah itu block bagian-bagian pada
bidang yang akan ditarik menjadi kaki meja dengan menggunakan fungsi atau
shorcut tombol Shift + klik kanan pada mouse, seperti gambar di bawah.
7. Setelah bagian-bagian atau sudut bagian bawah terseleksi,
selanjutnya kita akan menarik bagian yang terseleksi tersebut menjadi kaki
dengan panjang yang kita inginkan menggunakan fungsi atau shorcut tombol E.
8. Objek meja pun sudah jadi. Kita bisa menambahkan kreasi
atau variasi dengan cara yang sama yang telah dipaparkan pada langkah-langkah
sebelumnya. Seperti yang saya buat pada gambar di bawah yaitu menambahkan laci
meja dan pemisah antara kaki-kaki meja.
9. Untuk membuat kursi kita bisa mensalin objek meja karena
tidak terlalu beda dengan menggunakan fungsi atau shorcut tombol Shift + D atau
menambah objek baru dengan menggunakan fungsi atau shorcut tombol Shift + A dan
untuk membuat kursi pilih Mesh, klik Cube.
10. Sama halnya dengan membuat meja, masuk ke edit mode untuk
menambahkan kaki dan variasi lain agar menjadi kursi. Setelah itu, buat
perpotongan pada bidang pipih yang telah kita buat dengan menggunakan fungsi
atau shortcut tombol CTRL (Control) + R dan Scroll pada mouse untuk
memberi perpotongan sesuai jumlah yang kita inginkan. Lalu block bagian-bagian
atau sudut-sudut yang akan ditarik menjadi penyangga dan kaki kursi atau
variasi lainnya dari kursi. Seperti gambar di bawah.
11. Jadilah meja dan kursi, kita bisa memberi kreasi dan
variasi tambahan, juga warna pada meja dan kursi yang kita buat. Untuk melihat
hasil gambar tekan F2. Seperti gambar di bawah ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar