Selasa, 06 November 2018

GRAFIK 2D DAN 3D


Marthin Hasudungan Kristian
54416284
3IA21


Grafik Komputer 2D


Grafik komputer 2D adalah sebuah generasi gambar digital berbasis komputer, yang kebanyakan mengambil objek-objek dua dimensi (2D). Model Grafik 2D merupakan kombinasi dari model geometri (juga disebut sebagai grafik vektor), gambar digital (raster graphics), fungsi matematika, dan sebagainya. Komponen-komponen ini dapat dimodifikasi dan dimanipulasi oleh transformasi geometri dua dimensi, seperti translasi, rotasi, dan dilatasi. 
Cara yang paling mudah untuk membuat sebuah gambar 2D kompleks yaitu dimulai dengan sebuah "canvas" kosong yang diisi dengan warna latar tertentu, yang kemudian kita "draw", "paint", atau "paste" suatu warna kedalamnya, dengan urutan-urutan tertentu. Intinya, kanvas tersebut merupakan "frame buffer" atau bayangan dari layar komputer.
Model-model yang digunakan pada disain grafis 2D biasanya tidak mendukung bentuk-bentuk tiga-dimensi, atau fenomena yang bersifat tiga dimensi, seperti pencahayaan, bayangan, pantulan, refraksi, dan sebagainya. Namun demikian, mereka dapat membuat model berlapis-lapis (layer); nyata, translusen, dan transparan, yang dapat ditumpuk dalam urutan tertentu. Urutan tersebut biasanya didefinisikan dengan angka (kedalaman lapisan, atau jarak dari si penglihat).
Banyak antarmuka grafis atau yang kita kenal dengan GUI (Grapical User Interface) yang berbasiskan model grafis 2D. Software-software yang mendukung GUI dapat menciptakan "keadaan visual" dalam berinteraksi dengan komputer, sehingga para pengguna tidak selalu harus melihat tulisan. Grafik 2D juga penting bagi kendali peralatan-peralatan semacam printer, plotter, shredder, dan sebagainya. Mereka juga digunakan pada beberapa video dan games sederhana seperti solitaire, chess, atau mahjong.

Macam-Macam objek 2D :
·      Line
·      Circle
·      Arc
·      Polygon
·      Text
·      Section
·      Rectangle
·      Ellips
·      Donut
·      Star
·      Helix

Software Grafik 2D
·      ToonBoom
Macam-macal tools pada software ToonBoom :
Ø  Selection Tool.
Ø  Subselection Tool.
Ø  Free Transform Tool.
Ø  Gradient Transform Tool. 
Ø  Line Tool.
Ø  Lasso Tool.
Ø  Pen Tool.
Ø  Text Tool.
Ø  Oval Tool. 
Ø  Rectangle Tool.
Ø  Pencil Tool. 
Ø  Brush Tool.
Ø  Ink Bottle Tool.
Ø  Paint Bucket Tool.
Ø  Eyedropper Tool.
Ø  Eraser Tool.
Ø  Hand Tool.
Ø  Zoom Tool.
Ø  Stroke Color.
Ø  Fill Color.
Ø  Black & White. 
Ø  No Color. 
·      Adobe Flash
Macam-macal tools pada software Adobe Flash :
Ø  Selection Tool.
Ø  Subselection.
Ø  Free Transform.
Ø  Gradient Transform.
Ø  3D Rotation.
Ø  Lasso Tooli.
Ø  Pen Tool.
Ø  Add Anchor Point.
Ø  Delete Anchor Point.
Ø  Convert Anchor Point.
Ø  Text Tool.
Ø  Line Tool.
Ø  Rectangle.
Ø  Oval Tool.
Ø  Rectangle Primitive Tool.
Ø  Oval Primitive Tool.
Ø  Polystar Tool.
Ø  Pencil.
Ø  Brush.
Ø  Deco.
Ø  Bone.
Ø  Paint Bucket.
Ø  Ink Bottle Tool.
Ø  Eyedropper.
Ø  Eraser.
Ø  Hand.
Ø  Zoom.
·      Adobe Photoshop
Macam-macal tools pada software Adobe Potoshop :
Ø  Move Tool.
Ø  Marque Tool.
Ø  Lasso Tool.
Ø  Quick Selection & Magic Wand Tool.
Ø  Croping & Slice Tool.
Ø  Eyedropper Tool.
Ø  Brush and Patch Tool.
Ø  Brush Tool.
Ø  Clone Stamp Tool.
Ø  History Brush Tool.
Ø  Ereaser Tool.
Ø  Gradient Tool.
Ø  Dodge, Burn and Sponge Tool.
Ø  Pen Tool.
Ø  Horizontal Type Tool.
Ø  Path Selection Tool.
Ø  Shape Tool.
Ø  Hand and Rotate View Tool.
Ø  Zoom Tool.
·      Adobe After Effect
Macam-macal tools pada software Adobe After Effect :
Ø  Selection Tool.
Ø  Hand Tool.
Ø  Zoom.
Ø  Rotation Tool.
Ø  Camera Tool.
Ø  Pan Behind.
Ø  Mask and Shape Tool.
Ø  Pen Tool.
Ø  Type Tool.
Ø  Brush.
Ø  Clone Stamp.
Ø  Eraser Tool.
Ø  Roto Brush Tool.
Ø  Puppet Tool.
·      Corel Draw
Macam-macal tools pada software Corel Draw :
Ø  Pick Tool  .
Ø  Shape Tool .
Ø  Crop Tool.
Ø  Zoom Tool.
Ø  Freehand Tool.
Ø  Smart Fill Tool.
Ø  Rectangle Tool.
Ø  Ellipse Tool.
Ø  Polygon Tool.
Ø  Basic Shapes Tool.
Ø  Text Tool.
Ø  Table Tool.
Ø  Parallel Dimension Tool.
Ø  Straight-Line Connector Tool.
Ø  Blend Tool.
Ø  Eyedropper Tool.
Ø  Outline Tool. 
Ø  Fill Tool.



Grafik Komputer 3D

Grafik 3D merupakan perkembangan dari grafik 2D. Didalam grafika komputer, 3D merupakan bentuk grafik yang menggunakan representasi data geometri tiga dimensi.
Suatu objek rangka 3D apabila disinari dari arah tertentu akan membentuk bayangan pada permukaan gambar. 
Proses pembuatan grafik komputer 3D dapat dibagi ke dalam tiga fase, yaitu 3D modeling yang mendeskripsikan bentuk dari sebuah objek, layout dan animation yang mendeskripsikan gerakan dan tata letak sebuah objek, dan 3D rendering yang memproduksi image dari objek tersebut.
Istilah atau Pengertian Grafik 3D adalah sebuah gambar,garis,lengkungan,dan sebagainya yang memiliki titik-titik yang menghubungkan menjadi sebuah bentuk 3D
Di dalam dunia game, 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). Saat ini video card menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card itu sendiri (bukan berasal dari software) untuk mencapai hasil grafik yang lebih realistis dalam memainkan game komputer.

Macam-macam objek 3 dimensi:
·      Box
·      Sphare
·      Cyllinder
·      Tube
·      Pyramid
·      Plane
·      Hedra

Software Grafik 3D :
·      3D Studio Max
Macam-macal tools pada software 3D Studio Max :
Ø  Undo.
Ø  Redo.
Ø  Select and Link.
Ø  Unlink Selecton.
Ø  Bind to space warp.
Ø  Selecetion Filter.
Ø  Select Object.
Ø  Select by Name.
Ø  Select and Move.
Ø  Select and Rotate.
Ø  Select and Scale.
Ø  Use Center Flyout.
Ø  Mirror.
Ø  Layer Manager.
Ø  Curve Editor.
Ø  Material Editor.
Ø  Render Scene Dialog.

·      Cinema 4D
Macam-macal tools pada software Cinema 4D :
Ø  Menu Bar.
Ø  Move and Rotate.
Ø  Rendering.
Ø  Create Object.
Ø  Help.
Ø  Layer Object.
Ø  Editing
Ø  Animation
Ø  Selection
Ø  Viewport
·      Rhino
Tools Rhinoceros  terdiri dari :
Ø  Alat yang berhubungan dengan dokumentasi dapat di akses melalui menu File.
Ø  Editing dapat diakses melalui menu Edit.
Ø  Tampak objek dan dapat di akses melalui menu View atau Toolbar Set View.
Ø  Alat-alat untuk pengukuran dapat di akses melalui menu Dimension.
Ø  Pengorganisasian dapat diakses melalui menu Panels atau Panel disebelah kanan monitor.
Ø  Alat untuk menganalisa dapat di akses melalui menu Analyze.
Ø  Alat untuk merender objek yang telah dibuat dapat di akses melalui menu Render.
Ø  Alat untuk mengubah bentuk benda (transformasi) dapat di akses melaui menu Transform.
Ø  Alat untuk membuat model yang terdiri dari ;
o   Point
o   Line
o   Surface
o   Solid
o   Mesh
·      Blender
Macam-macal tools pada software Blender :
Ø  Perintah Dasar (W, R, G, X, dll).
Ø  Menu File.
Ø  Menu Add.
Ø  View Port.
Ø  Tool Button.
Ø  Texturing.
Ø  Rigging.
Ø  Skining.
Ø  Animasi.
Ø  Particle.
Ø  UV Mapping.
Ø  Dll.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar