Marthin
Hasudungan Kristian
54416284
3IA21
Grafik Komputer 2D
Grafik komputer 2D adalah sebuah generasi gambar digital berbasis komputer, yang kebanyakan mengambil objek-objek dua dimensi (2D). Model Grafik 2D merupakan kombinasi dari model geometri (juga disebut sebagai grafik vektor), gambar digital (raster graphics), fungsi matematika, dan sebagainya. Komponen-komponen ini dapat dimodifikasi dan dimanipulasi oleh transformasi geometri dua dimensi, seperti translasi, rotasi, dan dilatasi.
Cara
yang paling mudah untuk membuat sebuah gambar 2D kompleks yaitu dimulai dengan
sebuah "canvas" kosong yang diisi dengan warna latar tertentu, yang
kemudian kita "draw", "paint", atau "paste" suatu
warna kedalamnya, dengan urutan-urutan tertentu. Intinya, kanvas tersebut
merupakan "frame buffer" atau bayangan dari layar komputer.
Model-model
yang digunakan pada disain grafis 2D biasanya tidak mendukung bentuk-bentuk
tiga-dimensi, atau fenomena yang bersifat tiga dimensi, seperti pencahayaan,
bayangan, pantulan, refraksi, dan sebagainya. Namun demikian, mereka dapat
membuat model berlapis-lapis (layer); nyata, translusen, dan transparan, yang
dapat ditumpuk dalam urutan tertentu. Urutan tersebut biasanya didefinisikan
dengan angka (kedalaman lapisan, atau jarak dari si penglihat).
Banyak
antarmuka grafis atau yang kita kenal dengan GUI (Grapical User Interface) yang
berbasiskan model grafis 2D. Software-software yang mendukung GUI dapat
menciptakan "keadaan visual" dalam berinteraksi dengan komputer,
sehingga para pengguna tidak selalu harus melihat tulisan. Grafik 2D juga
penting bagi kendali peralatan-peralatan semacam printer, plotter, shredder,
dan sebagainya. Mereka juga digunakan pada beberapa video dan games sederhana
seperti solitaire, chess, atau mahjong.
Macam-Macam objek 2D :
· Line
· Circle
· Arc
· Polygon
· Text
· Section
· Rectangle
· Ellips
· Donut
· Star
· Helix
Software Grafik 2D
· ToonBoom
Macam-macal
tools pada software ToonBoom :
Ø Selection
Tool.
Ø Subselection
Tool.
Ø Free
Transform Tool.
Ø Gradient
Transform Tool.
Ø Line
Tool.
Ø Lasso
Tool.
Ø Pen
Tool.
Ø Text
Tool.
Ø Oval
Tool.
Ø Rectangle
Tool.
Ø Pencil
Tool.
Ø Brush
Tool.
Ø Ink
Bottle Tool.
Ø Paint
Bucket Tool.
Ø Eyedropper
Tool.
Ø Eraser
Tool.
Ø Hand
Tool.
Ø Zoom
Tool.
Ø Stroke
Color.
Ø Fill
Color.
Ø Black
& White.
Ø No
Color.
· Adobe
Flash
Macam-macal
tools pada software Adobe Flash :
Ø Selection Tool.
Ø Subselection.
Ø Free Transform.
Ø Gradient Transform.
Ø 3D Rotation.
Ø Lasso Tooli.
Ø Pen Tool.
Ø Add Anchor Point.
Ø Delete Anchor Point.
Ø Convert Anchor Point.
Ø Text Tool.
Ø Line Tool.
Ø Rectangle.
Ø Oval Tool.
Ø Rectangle Primitive Tool.
Ø Oval Primitive Tool.
Ø Polystar Tool.
Ø Pencil.
Ø Brush.
Ø Deco.
Ø Bone.
Ø Paint Bucket.
Ø Ink Bottle Tool.
Ø Eyedropper.
Ø Eraser.
Ø Hand.
Ø Zoom.
· Adobe
Photoshop
Macam-macal
tools pada software Adobe Potoshop :
Ø Move
Tool.
Ø Marque
Tool.
Ø Lasso
Tool.
Ø Quick
Selection & Magic Wand Tool.
Ø Croping
& Slice Tool.
Ø Eyedropper
Tool.
Ø Brush
and Patch Tool.
Ø Brush
Tool.
Ø Clone
Stamp Tool.
Ø History
Brush Tool.
Ø Ereaser
Tool.
Ø Gradient
Tool.
Ø Dodge,
Burn and Sponge Tool.
Ø Pen
Tool.
Ø Horizontal
Type Tool.
Ø Path
Selection Tool.
Ø Shape
Tool.
Ø Hand
and Rotate View Tool.
Ø Zoom
Tool.
· Adobe
After Effect
Macam-macal
tools pada software Adobe After Effect :
Ø Selection
Tool.
Ø Hand
Tool.
Ø Zoom.
Ø Rotation
Tool.
Ø Camera
Tool.
Ø Pan
Behind.
Ø Mask
and Shape Tool.
Ø Pen
Tool.
Ø Type
Tool.
Ø Brush.
Ø Clone
Stamp.
Ø Eraser
Tool.
Ø Roto
Brush Tool.
Ø Puppet
Tool.
· Corel
Draw
Macam-macal
tools pada software Corel Draw :
Ø
Pick Tool .
Ø
Shape Tool .
Ø
Crop Tool.
Ø
Zoom Tool.
Ø
Freehand Tool.
Ø
Smart Fill Tool.
Ø
Rectangle Tool.
Ø
Ellipse Tool.
Ø
Polygon Tool.
Ø
Basic Shapes Tool.
Ø
Text Tool.
Ø
Table Tool.
Ø
Parallel Dimension Tool.
Ø
Straight-Line Connector
Tool.
Ø
Blend Tool.
Ø
Eyedropper Tool.
Ø
Outline Tool.
Ø
Fill Tool.
Grafik Komputer 3D
Grafik 3D merupakan perkembangan dari grafik 2D. Didalam grafika komputer, 3D merupakan bentuk grafik yang menggunakan representasi data geometri tiga dimensi.
Suatu objek rangka 3D apabila disinari dari arah tertentu akan membentuk bayangan pada permukaan gambar.
Proses
pembuatan grafik komputer 3D dapat dibagi ke dalam tiga fase, yaitu 3D modeling
yang mendeskripsikan bentuk dari sebuah objek, layout dan animation yang
mendeskripsikan gerakan dan tata letak sebuah objek, dan 3D rendering yang
memproduksi image dari objek tersebut.
Istilah
atau Pengertian Grafik 3D adalah sebuah gambar,garis,lengkungan,dan sebagainya
yang memiliki titik-titik yang menghubungkan menjadi sebuah bentuk 3D
Di dalam dunia game, 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). Saat ini video card menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card itu sendiri (bukan berasal dari software) untuk mencapai hasil grafik yang lebih realistis dalam memainkan game komputer.
Di dalam dunia game, 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). Saat ini video card menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card itu sendiri (bukan berasal dari software) untuk mencapai hasil grafik yang lebih realistis dalam memainkan game komputer.
Macam-macam objek 3 dimensi:
· Box
· Sphare
· Cyllinder
· Tube
· Pyramid
· Plane
· Hedra
Software Grafik 3D :
· 3D
Studio Max
Macam-macal tools pada software
3D Studio Max :
Ø Undo.
Ø Redo.
Ø Select
and Link.
Ø Unlink
Selecton.
Ø Bind
to space warp.
Ø Selecetion
Filter.
Ø Select
Object.
Ø Select
by Name.
Ø Select
and Move.
Ø Select
and Rotate.
Ø Select
and Scale.
Ø Use
Center Flyout.
Ø Mirror.
Ø Layer
Manager.
Ø Curve
Editor.
Ø Material
Editor.
Ø Render
Scene Dialog.
· Cinema
4D
Macam-macal tools pada software
Cinema 4D :
Ø Menu
Bar.
Ø Move
and Rotate.
Ø Rendering.
Ø Create
Object.
Ø Help.
Ø Layer
Object.
Ø Editing
Ø Animation
Ø Selection
Ø Viewport
· Rhino
Tools Rhinoceros terdiri
dari :
Ø Alat yang berhubungan dengan
dokumentasi dapat di akses melalui menu File.
Ø Editing dapat diakses melalui
menu Edit.
Ø Tampak objek dan dapat di akses
melalui menu View atau Toolbar Set View.
Ø Alat-alat untuk pengukuran dapat di
akses melalui menu Dimension.
Ø Pengorganisasian dapat diakses
melalui menu Panels atau Panel disebelah kanan monitor.
Ø Alat untuk menganalisa dapat di
akses melalui menu Analyze.
Ø Alat untuk merender objek yang telah
dibuat dapat di akses melalui menu Render.
Ø Alat untuk mengubah bentuk benda
(transformasi) dapat di akses melaui menu Transform.
Ø Alat untuk membuat model yang
terdiri dari ;
o Point
o Line
o Surface
o Solid
o Mesh
· Blender
Macam-macal tools pada software
Blender :
Ø Perintah
Dasar (W, R, G, X, dll).
Ø Menu
File.
Ø Menu
Add.
Ø View
Port.
Ø Tool
Button.
Ø Texturing.
Ø Rigging.
Ø Skining.
Ø Animasi.
Ø Particle.
Ø UV
Mapping.
Ø Dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar